Tuesday, April 16, 2013

Inilah 4 Bahan Tambahan Makanan yang Dipakai Untuk Mie Instan!

Jakarta - Selain menggunakan bahan dasar tepung terigu, minyak sayur dan garam. Saat proses pembuatan mie juga menggunakan pewarna, penguat rasa juga antioksidan. Penambahan zat ini berguna untuk menciptakan rasa dan tekstur yang baik.

Dalam pembuatan mie instan, beberapa jenis bahan tambahan makanan digunakan karena manfaatnya. Berikut empat jenis bahan makanan tambahan yang umum digunakan untuk bahan pembuatan mie instan.


1. Natrium polifosfat
Natrium polifosfat umum digunakan sebagai bahan tambahan makanan paa mie instan yang berguna untuk pengemulsi, penstabil dan pengental. Ada juga yang menggunakan natrium tripolifosfat yang digunakan sebagai bahan pengembang. Zat inipun dikatakan dapat merugikan kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

2. Tartrazin CL 1940
Zat pewarna yang satu ini digunakan sejam tahun 1965. Pewarna buatan sering digunakan untuk bahan tambahan mie instan. Pewarna buatan ini umum digunakan untuk industri makanan dan tersedia banyak pilihan seperti sunsetyellow FCF (jingga), karmoisin (merah) dan brilliant blue FCF (biru).

3. TBHQ
TBHQ atau tertiary butylhydroquinone merupakan antioksidan yang sangat efektif. Umumnya digunakan sebagai pengawet minyak nabati ataupun minyak hewani. Berguna untuk menjaga kualitas rasa ataupun aroma minyak. United States Food and Drug Administration(FDA), menetapkan batas aman penggunaan TBHQ sekitar 0,02% dari jumlah minyak yang digunakan.

4. MSG
MSG (Monosodium Glutamat) dikenal juga sebagai natrium glutamat. Merupakan garam natrium dari asam glutamat atau salah satu jenis asam amino alami non-esensial. Digunakan untuk penguat rasa dan penguat aroma gurih.

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood



No comments:

Post a Comment