Monday, April 15, 2013

6 Kebiasaan yang Memicu Stres Saat Bekerja

Jakarta - Banyak orang yang selalu stres saat bekerja. Tentunya hal tersebut bukanlah tanpa sebab. Ada faktor-faktor tertentu yang membuat para pekerja menjadi stres. Biasanya, tanpa sadar karyawan memiliki kebiasaan yang mempengaruhi kesehatan fisik dan mental mereka. Dikutip dari Mag For Women, berikut ini beberapa kebiasaan yang memicu stres saat bekerja. 

1. Khawatir
Memiliki kebiasaan yang selalu khawatir pada sesuatu, merupakan alasan utama mengapa stres itu bisa muncul. Sebab, rasa khawatir dapat meningkatkan ketegangan di kepala. Apabila Anda sering merasa khawatir, maka Anda adalah orang yang selalu panik dan tidak bisa santai menghadapi sesuatu, sehingga lebih mudah stres.

2. Mencoba Menyenangkan Orang Lain
Bisa menyenangkan orang lain memanglah hal yang positif. Tapi ini bisa menjadi bumerang bagi Anda. Waktu mencoba untuk membuat semua orang bahagia, dan disaat mereka kehilangan kebahagiaan tersebut, Anda akan merasa marah-marah, murung, jengkel dan tidak puas. Hal tersebutlah yang membuat Anda stres. 

3. Kurang Tidur
Kurangnya waktu tidur juga bisa memicu stres saat Anda bekerja. Waktu yang cukup untuk tidur yaitu minimal delapan jam. Jika tidak terpenuhi, maka Anda bisa merasa gelisah, tertekan, murung, cemas, lelah dan kesal. 

4. Membandingkan Keberhasilan Rekan Kerja
Jangan sampai membandingkan keberhasilan Anda dengan rekan kerja. Sebab, membandingkan kehidupan kita dengan orang lain hanya akan menambah kecemburuan. Perlu diingat bahwa nasib setiap orang berbeda-beda. Rezekinya pun masing-masing berbeda.

5. Mengontrol Kehidupan Orang Lain
Ini merupakan salah satu penyebab utama orang bisa stres. Setiap orang yang berada di posisi yang lebih tinggi di kantor, cenderung memiliki sifat mendominasi. Sehingga mereka percaya bahwa perlu untuk mengontrol orang lain yang berada di bawah mereka. Tapi kecenderungan ini justru mengundang stres.

6. Menunda Pekerjaan
Jika Anda suka menunda pekerjaan, itu bukanlah solusi tepat dalam bekerja. Ini hanya akan menambah beban Anda dan membuat tugas menjadi menumpuk, sehingga Anda muak untuk mengerjakannya. Hal tersebut yang juga menyebabkan stres.

Dona Rema - wolipop

(rma/kik)

No comments:

Post a Comment